Urutan Perpindahan Cara Memindahkan Gigi Mobil Manual Dgn Benar

Urutan Perpindahan Cara Memindahkan Gigi Mobil Manual Dgn Benar Kontrol motor manual menjadi sulit karena pedal dan shifter extra, tapi Anda bisa secara mudah mengatur mobil dengan sedikit latihan. Kopling dan pemindah gigi menolong mengalihkan gigi masuk dan keluar dan relatif gampang dipakai. Sesudah Anda rasakan langkah kerjanya, Anda segera dapat lari secara lancar dan melamban dengan mulus.

Mengenali tuas persneling Memindahkan Gigi Mobil Manual

Taruh template peralihan untuk kendaraan Anda. Bila Anda tidak bisa betul-betul menyaksikan alurnya, saksikan kenop pada bagian atas pemindah gigi untuk menyaksikan di mana letak roda gigi. Banyak pendorong manual berwujud H dengan roda gigi ganjil pada bagian atas dan roda gigi genap pada bagian bawah.

Misalkan, di beberapa mobil, gigi pertama ada pas di atas gigi ke-2 , gigi ke-3 pas di atas gigi pertama dan pas di atas gigi ke-4, dan gigi ke-5 pas di atas gigi ke-3 dan pas di atas gigi mundur.

Status netral bisa diperlihatkan dengan huruf N. Bila tidak, kendaraan Anda dalam status netral sampai shifter Anda ada pada status gigi lain.

Pakai tangan kanan Anda untuk mengalihkan gigi. Roda gigi mekanis mewajibkan Anda untuk beralih antara gigi secara efektif. Jauhi tangan kanan Anda di atas shifter sampai Anda siap untuk menukar gigi.

Tidak boleh memakai telephone atau menyetel radio saat transmisi manual sedang bekerja. Konsentrasi pada peralihan gigi dan pada jalan di muka.

Dapatkan pedal kopling disebelah kiri rem. Pakai kaki kiri Anda untuk mendapati pedal paling kiri. Pencet kopling seutuhnya saat Anda perlu menukar gigi. Coba tidak untuk meredam kaki Anda pada kopling, bila tidak, Anda bisa membuat aus dan merepotkan untuk bergerak bersamaan pertambahan umur mobil.

Rekomendasi   Cara Mudah Setel Kopling Di Mobil Bekas Mendeteksi Kondisi Kopling Mobil

mulai mobil Memindahkan Gigi Mobil Manual

Mulai dalam status netral dengan rem parkir diaplikasikan. Karena motor manual tidak mempunyai proses parkir, kendaraan harus telah pada kondisi netral dengan rem parkir diaplikasikan. Yakinkan sakelar dalam status netral dan rem parkir berpijar.

Bila rem parkir tidak diinjak, kendaraan Anda akan menggelinding.

Mayoritas mobil mempunyai tanda di dashboard yang memperlihatkan bila rem parkir diaktifkan.

Pakai kaki kiri Anda untuk tekan kopling. Saat Anda siap untuk menghidupkan mobil, tempatkan kaki kiri Anda di pedal kopling dan pencet seutuhnya.

Cukup pakai kaki kiri Anda pada pedal kopling hingga Anda bisa mengatur rem dan throttle dengan kaki kanan Anda.

Pertama putar kunci dan aktifkan gigi pertama. Hidupkan mobil dan nantikan mesin berpijar. Yakinkan untuk menggenggam kopling dengan kaki kiri Anda. Pakai sakelar di samping kanan Anda untuk berpindah ke gigi satu.

Pada mobil standard 5-percepatan, gigi pertama berada di samping kiri dan di atas tuas persneling. Bila tidak, saksikan sisi atas transmisi untuk menyaksikan apa dia mempunyai tutorial roda gigi.

Bebaskan rem parkir dan pencet pedal rem. Check dashboard untuk pastikan rem parkir dilepaskan seutuhnya. Selekasnya sesudah Anda melepas rem parkir, mobil Anda mulai akan menggelinding sedikit.

Nyalakan mesin pada range 1500-2000 rpm. Saksikan tachometer, kenop yang menghitung kecepatan mesin mobil Anda, hingga Anda ketahui kapan harus melepas kaki dari kopling. Anda akan rasakan sepakan di pedal saat Anda coba raih cakram kopling demikian mesin Anda masuk gigi.

Bila Anda berkendara di bawah RPM, kendaraan Anda akan stop dan Anda harus mengawali dari sejak awalnya.

Saat Anda berasa jika cakram kopling berusaha untuk tangkapnya, ini disebutkan “titik gesekan”.

Angkat kaki kiri Anda dari kopling. Perlahan-lahan bebaskan kaki Anda dari kopling untuk melepas penekanan. Mobil Anda mulai akan bekerja maju. Pencet sedikit pedal akselerator untuk mengawali akselerasi.

Rekomendasi   Cara Mengemudi Mobil Manual Mengendarai Yang Benar

hidupkan mobilmu Memindahkan Gigi Mobil Manual

Alihkan gigi saat Anda ada di range 2500 sampai 3000 rpm. Check tachometer di dashboard untuk menyaksikan kapan Anda sudah capai RPM yang betul. Tidak perduli gigi apa yang Anda pakai, targetkan untuk bergerak di antara 2500-3000 rpm.

Jauhi gigi RPM yang semakin tinggi ataupun lebih rendah karena bisa mengakibatkan kendaraan bergetar atau stop.

Angkat gas dengan kaki kanan Anda dan pencet kopling dengan kaki kiri Anda. Saat Anda siap untuk berpindah gigi, turunkan gas seutuhnya. Pakai kaki kiri Anda untuk tekan kopling seutuhnya. Ini memungkinkannya Anda untuk mengalihkan gigi dengan shifter.

Alihkan sakelar ke gigi selanjutnya. Mengatur shifter hingga ada di gigi selanjutnya. Misalkan, bila Anda memakai gigi satu, alihkan ke gigi dua. Tidak boleh mengalihkan persneling atau kendaraan Anda dapat goyang atau macet.

Check lokasi roda gigi di atas sakelar.

Bebaskan kopling secara perlahan-lahan sampai Anda rasakan titik gesekan. Perlahan-lahan bebaskan kaki kiri Anda dari kopling sampai Anda rasakan cakram kopling tembus pedal. Di titik ini, mobil Anda mulai mengalihkan gigi.

Anda dapat menyaksikan pengurangan RPM pada tachometer kendaraan Anda untuk tentukan kapan Anda capai titik gesekan.

Pencet throttle sekalian melepas kopling. Pikirkan tiap kaki Anda di ke-2 segi tempat tidur menggantung. Berpindah ke gas sekalian mengusung tersisa kopling. Pencet pedal akselerator dan angkat kopling dengan kecepatan yang serupa.

Bila Anda tekan pedal akselerator terlampau cepat, kendaraan dapat goyang dan peralihan gigi tidak rata.

kunci mobil

Angkat kaki Anda dari pedal gas. Bebaskan kaki Anda dari pedal gas supaya Anda tidak naik kembali. Ini akan kurangi kecepatan pemutaran hingga persneling bisa digeser lebih gampang.

Pencet kopling seutuhnya. Pakai kaki kiri Anda untuk tekan kopling seutuhnya. Yakinkan itu ditempatkan seutuhnya atau transfer tidak berperan.

Alihkan pemilih gigi ke bawah ke gigi bawah selanjutnya. Yang perlu Anda kerjakan ialah berpindah ke gigi selanjutnya saat berkendara. Misalkan, bila Anda ada di gigi tiga, pakai shifter untuk berpindah ke gigi dua.

Rekomendasi   Cara Mengemudi Mobil Di Tanjakan Dan Turunan Transmisi Manual

Saat Anda stop, putar sakelar ke netral. Anda tak perlu rasakan titik gesekan saat Anda jadi netral.

Perlahan-lahan angkat kaki kiri Anda dari kopling sekalian mencapai gas. Selekasnya sesudah Anda menukar gigi, Anda mulai dapat melepas kaki dari kopling. Saat Anda rasakan pedal goyang dan piringan kopling mulai melekat, pencet pedal akselerator untuk mengalihkan gigi dengan mulus.

Lihat pengurangan RPM pada tachometer kendaraan Anda untuk tentukan kapan Anda capai titik gesekan.

Pakai rem parkir saat memarkir kendaraan Anda. Yakinkan kendaraan Anda pada kondisi netral saat Anda merencanakan untuk memarkirnya. Angkat rem parkir untuk aktifkan, bila tidak mobil Anda akan bergulir saat Anda coba menghentikannya.

Bila Anda biarkan mobil berpijar saat mati, mobil akan melonjak di depan saat Anda coba menghidupkannya kembali.

Pijak pedal rem dengan kaki kanan dan bebaskan rem tangan. Selekasnya sesudah Anda tekan pedal rem, bebaskan rem tangan dan mobil Anda bisa menjadi netral. Ini akan menahan kendaraan Anda bergerak.

Pasang kopling dengan kaki kiri Anda dan putar kembali. Pencet kopling sampai Anda bisa menukar persneling. Sesudah melepas kopling, pakai pemilih gigi untuk mengalihkan dari netral ke mundur. Jauhi kaki Anda lainnya pada pedal rem.

Check pola peralihan gigi untuk mendapati gigi mundur. Tempat umum untuk gambar kebalik ialah pojok kanan bawah atau atas kiri gambar.

Lakukan mesin sampai 1500-2000 rpm. Dengan kaki kiri masih di kopling, tempatkan kaki kanan di pedal akselerator dan pencet perlahan-lahan. Check tachometer di dasbor untuk ketahui RPM mesin Anda.

Bebaskan kopling sampai kendaraan Anda mulai bekerja mundur. Pencet pedal kopling sampai Anda rasakan mobil mulai bekerja mundur. Sesudah usai mundur, pencet kopling dan pakai pedal rem untuk stop.