Cara Mudah Setel Kopling Di Mobil Bekas Mendeteksi Kondisi Kopling Mobil

Cara Mudah Setel Kopling Di Mobil Bekas Mendeteksi Kondisi Kopling Mobil Pada mesin mekanis, pedal kopling kerap aus seiring berjalannya waktu, yang disebut permasalahan umum pada mobil sudah bekas. Pergantian kopling ialah proses mahal yang mewajibkan semua transmisi dilepaskan, jadi seharusnya jauhi beli mobil dengan kopling yang hancur atau selip. Untungnya, ada banyak test simpel yang bisa Anda kerjakan pada mobil, baik saat jalan atau mati, yang bisa mengutarakan permasalahan kopling. Selalu kerjakan test ini pada transmisi manual yang Anda pikirkan untuk menghindar permasalahan di jalan.

Rasakan pedal dengan mobil Setel Kopling Mendeteksi Kondisi Kopling

Pencet kopling ke mesin untuk menentukannya kuat. Duduk di bangku sopir, turunkan mobil dan pencet kopling. Tekan kopling jangan terlampau gampang. Goyangkan bolak-balik untuk mengecek tingkat kekebalan. Bila berasa halus dan kenyal, ini pertanda awalnya kopling mulai aus.

Test yang lain ialah coba tekan kopling dengan 1 jemari. Ini tentu susah. Bila Anda bisa secara mudah mengalihkan kopling dengan jemari Anda, itu terlampau kendur.

Walau grip harus kuat, jangan terlampau keras atau terlampau kencang. Ini ialah pertanda lain dari permasalahan.

Pencet penuh pedal untuk menyaksikan berapa cepat pedal bergerak. Dorong kopling serendah kemungkinan dan angkat kaki Anda. Anda harus selekasnya kembali lagi ke status awalnya. Tetapi, bila macet atau mengapung perlahan-lahan, dia mulai berkarat.

Rekomendasi   Cara Mengemudi Mobil Manual Mengendarai Yang Benar

Anda harus juga rasakan kekebalan saat Anda tekan pedal. Bila berasa kenyal atau mungkin tidak rata, itu sebagai pertanda keausan.

Dengar suara yang tidak biasa saat kosongkan kopling. Sementara kopling tak perlu betul-betul diam saat didesak, semestinya tidak begitu bising. Buang kopling dan dengar semprit, derit, deru, atau suara yang lain kelihatan. Keributan ini kemungkinan memperlihatkan permasalahan kopling.

Beberapa suara ini kemungkinan tidak datang dari kopling tersebut. Anda dapat dengar suara transmisi. Bagaimana juga, keributan mobil yang terlalu berlebih bukan tanda baik, darimanakah juga aslinya.

Benar-benar gampang untuk pastikan jika Anda perlu menghidupkan transmisi. Bila kopling telah aus, akan lebih susah untuk menukarnya. Saat mobil tidak bergerak, pencet kopling dan coba tukar gigi. Itu harus lembut dan gampang untuk mendapati gigi. Bila Anda harus tekan dengan keras atau alami kesusahan mengalihkan gigi, kopling kemungkinan aus.

Check performa shift Setel Kopling Mendeteksi Kondisi Kopling

Hidupkan mobil dan pakai rem parkir. Ini ialah test simpel untuk menyaksikan apa kopling selip. Hidupkan kendaraan dan pakai rem parkir. Tidak boleh berpindah ke kecepatan dahulu.

Saat sebelum lakukan test ini, yakinkan rem parkir diaktifkan. Kerjakan ini di tempat terbuka untuk tambahan keamanan.

Mencari berbau terbakar dalam mobil sesudah dihidupkan. Kopling yang aus bisa mengakibatkan transmisi menggerus, hasilkan berbau terbakar. Diamkan mesin berpijar sepanjang semenit dan saksikan apa Anda menghirup bau terbakar. Ini bisa saja karena kopling lama atau permasalahan lain pada mobil.

Rekomendasi   Cara Mengemudi Mobil Di Tanjakan Dan Turunan Transmisi Manual

Berbau api menjadi tanda-tanda banyak permasalahan lain selainnya kopling yang aus. Bila Anda sedang mengecek mobil sudah bekas dan mendapati berbau amis, Anda harus menimbang kembali untuk membeli atau minta teknisi untuk mengeceknya.

Pasang gigi ke-3 kanan. Ia mengecek mobil untuk selip kopling. Pencet kopling dan alihkan transmisi ke gigi tiga. Tidak boleh percepat dan melepas kopling dahulu.

Bila Anda berusaha untuk mengalihkan shifter saat Anda berusaha untuk geser, itu jadi permasalahan.

Bebaskan kopling dan yakinkan mesin stop. Kopling yang berperan tidak percepat Anda ke kecepatan tinggi, jadi mobil harus stop bila Anda coba lakukan ini. Bila Anda kehilangan traksi dan mobil berhenti, itu tanda baik. Bila Anda melepasnya dan mobil tidak stop, kemungkinan kopling akan selip.

Bila mobil tidak langsung stop, coba berikan sedikit bensin. Bila kemudian menyusut, kopling mulai tidak berhasil. Jika konstan, kopling harus selekasnya ditukar.

Tes drive mobil Setel Kopling Mendeteksi Kondisi Kopling

Mengemudikan mobil Anda ke arah tempat parkir kosong dengan beberapa ruangan. Untuk test ini, Anda perlu biarkan mobil jalan sesaat. Untuk keselamatan Anda, kendarai mobil Anda ke arah tempat parkir terbuka atau ke arah tempat parkir di mana tidak ada mobil lain di dekatnya.

Kami menghidupkan mobil dan umumnya menghidupkan gigi pertama. Peras kopling dan ke yang pertama. Tidak boleh bebaskan kopling dahulu dan tidak boleh percepat mobil.

Rekomendasi   Urutan Perpindahan Cara Memindahkan Gigi Mobil Manual Dgn Benar

Ingat-ingatlah untuk memerhatikan berbau api sepanjang pengetesan ini. Kopling kadang mulai menggerus saat bergerak, karenanya keluarkan berbau terbakar.

Yakinkan rem parkir tidak diaktifkan untuk pengetesan ini.

Bebaskan kopling perlahan-lahan dan yakinkan mulai berputar-putar. Tanpa percepat mesin, pelan-pelan bebaskan kaki Anda dari kopling. Ini harus hidupkan kembali mesin dan biarkan mobil berputar-putar perlahan-lahan. Bila mobil memerlukan waktu sesaat untuk memulai menggelinding, atau mungkin tidak menggelinding benar-benar, ini ialah pertanda kopling licin.

Saya umumnya berkendaraan di jalan raya. Test paling akhir mewajibkan Anda berkendara dengan kecepatan normal. Peroleh di jalan yang bisa Anda menempuh dengan kecepatan 30 mil /jam (48 km/jam). Mempercepat ke kecepatan jelajahi stabil untuk menyiapkan ujian.

Bila Anda sudah menyaksikan permasalahan kopling di periode lalu, tidak boleh lakukan test ini. Berkendara dengan kecepatan tinggi dengan kopling yang hancur beresiko.

Berpindah ke gigi yang semakin tinggi dan saksikan apa Anda berakselerasi secara lancar. Bila kopling berperan secara baik, kopling mulai akan bergerak bisa lebih cepat dengan RPM semakin tinggi sesudah bergerak. Bila mesin berputar-putar dan Anda tidak menambahkan kecepatan atau ada penangguhan dalam akselerasi, kemungkinan kopling akan selip.

Anda mungkin saja dengar suara mesin yang keras sesudah berkendara. Ini karena bukti jika saat kopling slip, mobil harus kerahkan semakin banyak usaha untuk berakselerasi.