Cara Menghidupkan Mobil Transmisi Manual Di Bukit Yang Terjal

Bila Anda mengemudikan mobil dengan transmisi manual, mengawali naik dapat sedikit mengerikan. Untungnya, sesudah beberapa latihan, lumayan gampang untuk mengawali naik, dan Anda selalu bisa menarik rem tangan untuk hentikan mobil bila Anda berasa seolah tengah stop. Untuk mengawali naik dari status stop, Anda bisa berpindah di antara rem dan akselerator dengan melepas kopling, atau tekan pedal akselerator dengan melepas rem tangan. Anda dapat mengawali menuruni bukit dengan melepas rem dan kopling saat sebelum mencapai pedal gas. Dengan sedikit latihan, siapa saja bisa pelajari langkah mengawali mobil bertransmisi manual naik dalam sekejap!

Mengocak pedal Menghidupkan Mobil Transmisi Manual

Pegang pedal rem dengan kaki kanan dan kopling dengan kaki kiri. Pakai ke-2 kaki untuk tekan pedal kopling dan rem. Jauhi mereka berdua didesak seutuhnya.

Pada mobil dengan transmisi manual, pedal kopling ada di sejauh jalan ke kiri. Remnya di tengah-tengah dan pedal gas di kanan.

Bahkan juga bila Anda mengemudikan mobil kemudi kanan, posisi pedal umumnya sama.

Kopling ialah pedal yang mengalihkan tenaga dari mesin ke roda. Dengan meredamnya, Anda menahan roda berputar-putar saat mesin hidup. Saat dilepaskan seutuhnya, semua tenaga mesin ditransfer ke roda.

Rekomendasi   Cara Mengemudi Mobil Manual Mengendarai Yang Benar

Hidupkan mobil dan berpindah ke gigi 1. Hidupkan mesin dengan memutar kunci contact. Alihkan kendaraan dari gigi netral ke gigi 1. Anda kemungkinan berasa mobil coba melaju ke belakang saat Anda mengawalinya, tapi mobil itu akan selekasnya stop, maka janganlah cemas. Tidak boleh melepas kaki Anda dari kopling dan rem saat mengawali.

Perlahan-lahan angkat kopling sekalian gerakkan kaki Anda di pedal akselerator. Saat Anda siap bergerak, bebaskan rem tangan. Cepat gerakkan kaki kanan Anda dari rem ke gas. Mulai melepas kopling bertepatan dengan tekan pedal akselerator untuk memulai bergerak.

Bila Anda mulai bergulir ke belakang, pakai rem kaki dan pakai rem tangan. Mulai kembali. Ini kemungkinan membutuhkan beberapa latihan melatih diri!

Melepaskan kopling Menghidupkan Mobil Transmisi Manual

Pencet pedal akselerator dan bebaskan kopling seutuhnya. Saat Anda tekan pedal akselerator, bebaskan kopling seutuhnya untuk menambahkan kecepatan. Anda kemungkinan memerhatikan jika kopling ” atau menyepak kembali saat Anda tekan pedal gas. Ini normal dan sebagai tanda-tanda jika Anda bisa melepasnya dan mengontrol mobil dengan pedal gas.

Menggigit merujuk pada gesekan yang Anda alami di kopling saat Anda percepat mobil. Saat Anda hidupkan mesin, kopling coba perlambat roda dengan mengakibatkan beberapa gesekan pedal.

Memakai rem tangan Menghidupkan Mobil Transmisi Manual

Ambil rem tangan ke atas sekalian tekan kopling. Pencet kopling dengan kaki kiri Anda. Pencet tombol di atas rem tangan untuk melepasnya dan ambil rem tangan seutuhnya ke status vertikal. Saat lakukan ini, terus pencet kopling seutuhnya.

Rekomendasi   Cara Mengemudi Mobil Di Tanjakan Dan Turunan Transmisi Manual

Langkah ini sedikit gampang bila Anda berasa kesusahan untuk cepat geser kaki dari rem ke gas. Ini pada intinya sama dengan sistem pertama, terkecuali Anda memakai rem tangan bukan rem kaki.

Hidupkan mobil dan pakai gigi 1. Putar kunci contact untuk menghidupkan mobil. Tidak boleh gerakkan kaki Anda atau mencapai rem tangan saat lakukan ini. Pasang gigi 1.

Pijak gas dengan kaki kanan, bebaskan kopling. Pijak pedal akselerator secara perlahan-lahan sekalian melepas kopling. Saat Anda rasakan kopling menggigit atau membal ke belakang, Anda akan mengetahui mobil Anda sedang berusaha untuk bekerja maju.

Bebaskan rem tangan bertepatan dengan kopling. Demikian kopling tergigit, pencet tombol rem tangan ke bawah. Gerakkan di depan bertepatan dengan tekan pedal akselerator untuk melepas rem dan gerakkan kendaraan di depan.

Pada intinya, Anda melepas rem tangan dan kopling di saat yang serupa saat Anda berakselerasi. Kemungkinan ada perbedaan di antara kopling dan rem tangan bila Anda ada di tanjakan yang paling terjal.

Turun

Pegang rem dan kopling dengan ke-2 kaki. Bila Anda mulai tengkurap, mulai dengan meredam pedal kopling dan rem dengan ke-2 kaki. Menjaga supaya kopling dan rem ketekan seutuhnya.

Rekomendasi   Cara Mudah Setel Kopling Di Mobil Bekas Mendeteksi Kondisi Kopling Mobil

Menjaga rem tangan masih tetap tegak saat lakukan ini.

Hidupkan mobil dan berpindah ke gigi 1. Dengan mobil dalam status netral, putar kunci contact untuk hidupkan mobil. Alihkan tuas transmisi ke gigi 1. Tidak boleh melepas kaki Anda dari kopling atau rem saat lakukan ini.

Bebaskan rem tangan secara perlahan-lahan dan pegang setir. Tempatkan tangan Anda di kemudi dan pencet tombol rem tangan dengan tangan Anda lainnya. Bebaskan rem tangan secara perlahan-lahan untuk melepas roda kendaraan dari status terkunci.

Mobil Anda kemungkinan perlahan-lahan bekerja maju saat Anda melepas rem tangan, jadi kerjakan perlahan-lahan untuk mencari kecepatan Anda.

Bebaskan pedal rem dan kopling secara perlahan-lahan secara bertepatan. Sesudah Anda melepas rem tangan, perlahan-lahan angkat kaki Anda dari rem kaki dan kopling. Mobil Anda mulai akan melaju di depan menuruni lereng. Pakai tangan Anda untuk membantu mobil menuruni lereng.

Sesudah terlatih, Anda dapat melepaskan kopling, rem kaki, dan rem tangan secara bertepatan.

Pakai pedal gas untuk percepat mobil ke kecepatan yang diharapkan. Sesudah melepas kopling dan ke-2 rem, gerakkan kaki kanan ke pedal gas dan pakai untuk mengatur kecepatan kendaraan. Bila Anda perlu perlambat, pakai rem dan kopling untuk perlambat.