Cara Mengemudi Mobil Manual Mengendarai Yang Benar

Ide dasar mengawali dan mengalihkan persneling ialah proses yang bisa ditata untuk nyaris semuanya orang. Untuk memakai manual, Anda harus melatih diri dengan kopling, jadi nyaman dengan tongkat persneling, dan latihan mengawali, hentikan, dan mengalihkan gigi pada beragam kecepatan berkendara.

Pelajari Dasar-dasarnya Cara Mengemudi Mobil

Dalami apa yang hendak dilaksanakan tiap sisi penting dari mobil manual.

Shifter – Shifter berada pas di atas transmisi, umumnya di tengah-tengah kendaraan, di antara bangku sopir dan penumpang. Anda akan menjalankan shifter dengan tangan Anda untuk mengganti dan pilih gigi yang diharapkan dalam transmisi. Anda akan memakai shifter untuk pilih Reverse, Neutral, 1st gear, 2nd gear, 3rd gear, dan sebagainya

Pedal kopling – Pedal kopling berada pas di samping kiri pedal rem. Untuk dioperasionalkan dengan kaki kiri Anda. Pedal kopling menjalankan proses kopling yang menyambungkan mesin kendaraan dengan transmisinya. Bila pedal kopling dalam status naik (ke sopir) karena itu transmisi tersambung ke mesin dan kendaraan akan didorong oleh mesin bila ditaruh pada gigi maju atau mundur. Bila pedal kopling dalam status turun (ke arah papan lantai) karena itu mesin dan transmisi tidak tersambung dan kendaraan tidak terima tenaga dari mesin.

Rem parkir/rem tangan – Rem parkir umumnya dioperasionalkan dengan tangan dan berada di konsol tengah, walau kadang berada di dekat lantai untuk dioperasionalkan dengan kaki. Rem parkir tidak boleh disetarakan dengan pedal rem. Rem parkir berikut yang meredam kendaraan supaya tidak menggelinding saat ada di status netral bila pedal rem tidak diinjak. Rem parkir berikut yang hendak dipakai untuk jaga kendaraan masih tetap diam saat kunci contact dimatikan dan kendaraan diparkirkan.

Mulai di tanah yang datar dengan mobil mati, transmisi dalam status netral, dan rem parkir diaktifkan. Apa lagi bila ini pertamanya kali Anda mengemudikan mobil dengan transmisi manual, mulai dengan perlahan-lahan dan metodis. Pasang sabuk pengaman Anda sesudah Anda duduk. Saat belajar, akan bermanfaat untuk turunkan jendela. Ini menolong Anda dengar suara perputaran mesin dan mengalihkan gigi sesuai itu.

Pedal di samping kiri ialah kopling, yang di tengah-tengah ialah rem, dan akselerator di samping kanan (ingat, dari kiri ke kanan, sebagai CBA). Tatanan letak ini sama untuk kendaraan kemudi kiri dan kanan.

Dalami apa yang sudah dilakukan kopling. Saat sebelum Anda mulai tekan pedal asing di samping kiri ini, sempatkan diri sesaat untuk pahami beberapa dasar perannya.

Kopling melepas mesin dari roda. Saat salah satunya atau ke-2 nya berputar-putar, kopling memungkinkannya Anda untuk menukar persneling tanpa menggerus gigi dari tiap gigi yang terpisah.

Saat sebelum Anda menukar persneling (bagus untuk mengarah ke atas atau ke bawah), kopling harus didesak (didorong).

Samakan lokasi tempat duduk hingga Anda bisa terhubung capaian gerak penuh pedal kopling. Geser cukup di depan untuk memungkinkannya Anda tekan pedal kopling (pedal kiri, di samping pedal rem) seutuhnya ke lantai dengan kaki kiri Anda.

Rekomendasi   Cara Mengemudi Mobil Di Tanjakan Dan Turunan Transmisi Manual

Pencet pedal kopling dan tahan ke lantai. Ini bisa menjadi saat yang pas untuk memerhatikan bagaimana perjalanan pedal kopling berlainan dari perjalanan rem dan gas. Ini sebagai peluang yang bagus untuk melatih diri melepas pedal kopling secara perlahan-lahan dan oke.

Bila Anda cuma pernah mengemudikan mobil matic, kemungkinan berasa canggung memakai kaki kiri untuk menggerakkan pedal. Dengan latihan, Anda akan terlatih memakai ke-2 kaki secara bertepatan.

Alihkan tongkat persneling ke netral. Ini ialah status tengah yang dirasa bebas saat digerakkan dari segi ke segi. Kendaraan dipandang keluar gigi saat:

Tongkat persneling ada di status netral, dan/atau

Pedal kopling diinjak penuh Cara Mengemudi Mobil

Tidak boleh coba memakai tongkat persneling tanpa tekan pedal kopling, hanya karena akan menang tidak bekerja.

Hidupkan mesin dengan kunci contact, yakinkan tongkat persneling masih juga dalam status netral. Yakinkan rem tangan pada kondisi berpijar saat sebelum menghidupkan mobil, terlebih bila Anda seorang pemula.

Beberapa mobil mulai akan pada kondisi netral tanpa kopling didesak, tapi beberapa mobil yang lebih baru tidak.

Bebaskan kaki Anda dari pedal kopling dengan mobil masih juga dalam status netral. Bila Anda ada di tanah yang datar, Anda tetap harus diam; Anda mulai akan bergulir bila Anda ada di atas bukit. Bila Anda siap untuk betul-betul berkendara, yakinkan untuk melepas rem tangan (bila diaktifkan) saat sebelum Anda berkendara.

Bergerak Maju di First Gear Cara Mengemudi Mobil

Pencet kopling ke lantai dan alihkan tongkat persneling ke gigi satu. Itu harus status atas kiri, dan harus ada seperti tatanan letak visual dari skema roda gigi di atas tongkat persneling.

Skema roda gigi bisa bervariatif, jadi sempatkan diri awalnya untuk pelajari tatanan letak roda gigi mobil Anda. Anda kemungkinan ingin latihan peralihan gigi lewat beragam persneling dengan mesin dimatikan (dan kopling diaktifkan).

Perlahan-lahan angkat kaki Anda dari pedal kopling. Teruskan sampai Anda dengar kecepatan mesin mulai turun, lalu pencet kembali. Ulang ini seringkali sampai Anda dapat segera mengenal suaranya. Ini ialah titik gesekan.

Saat Anda mengalihkan persneling untuk mengawali atau terus bergerak, ini ialah titik di mana Anda ingin pedal gas didesak cukup buat memberi tenaga.

Bebaskan kopling sekalian tekan pedal gas. Untuk memulai bergerak, angkat kaki kiri ke atas dari pedal kopling sampai RPM sedikit turun. Di saat yang serupa, beri penekanan enteng pada pedal gas dengan kaki kanan Anda. Imbangkan penekanan enteng ke bawah pada pedal gas dengan melepas penekanan secara perlahan-lahan pada pedal kopling. Anda kemungkinan wajib melakukan ini seringkali untuk mendapati gabungan penekanan naik dan turun yang akurat.

Langkah lain untuk melakukannya; ialah melepas kopling sampai mesin sedikit berputar-putar, dan memberikan penekanan pada pedal gas saat kopling bekerja. Di titik ini mobil mulai akan bergerak. Yang terbaik ialah mempunyai perputaran mesin yang cukup buat menahan berhentinya pedal kopling saat pedal kopling dilepaskan. Proses ini kemungkinan sedikit susah sebelumnya karena Anda baru mengenali pedal extra di mobil manual.

Rekomendasi   Cara Menghidupkan Mobil Transmisi Manual Di Bukit Yang Terjal

Bebaskan kopling seutuhnya (yakni, pelan-pelan bebaskan kaki Anda dari pedal) sesudah Anda mulai bekerja maju dengan kendalian di gigi pertama.

Mengharap untuk stop minimal seringkali saat Anda pertama kalinya mengawali. Bila Anda melepas kopling terlampau cepat, mesin akan mati. Bila mesin kedengar seperti mau mati, pegang kopling di tempatnya atau pencet sedikit jauh. Bila Anda berhenti, pencet kopling seutuhnya, pijak rem tangan, setel mobil ke netral, matikan mesin, dan nyalakan kembali mobil seperti umumnya. Tidak boleh cemas.

Hidupkan mesin saat kopling di antara seutuhnya naik dan ketekan penuh akan membuat sisi kopling cepat aus, menyebabkan selip atau berasap di bagian kopling pada transmisi. Ini disebutkan memakai kopling dan harus dijauhi.

Perubahan dalam Gerak dan Stop

Ketahui kapan waktunya untuk berpindah ke gigi yang semakin tinggi. Saat RPM Anda capai sekitaran 2500 sampai 3000 saat mobil sedang bergerak, berikut waktunya untuk beralih ke gigi selanjutnya — misalkan, gigi ke-2 bila Anda sekarang ini ada di urutan kesatu. Tetapi, RPM aktual di mana peralihan gigi dibutuhkan akan bervariatif menurut mobil yang Anda kendarai. Mesin Anda mulai akan berlomba dan meluncur kuat, dan Anda harus belajar mengenal suara ini.

Pencet pedal kopling sampai lepas dan tujukan tongkat persneling lempeng ke bawah dari gigi pertama ke status kiri bawah (yang disebut gigi ke-2 di mayoritas komposisi).

Beberapa mobil mempunyai “Shift Light atau tanda-tanda pada tachometer yang hendak memberitahukan Anda kapan Anda perlu geser, hingga Anda tidak tidak memutar mesin terlampau cepat.

Pencet pedal gas sedikit ke bawah dan bebaskan pedal kopling secara perlahan-lahan. Mengalihkan gigi yang bergerak sama dengan mengalihkan gigi pertama dari status diam. Ini semuanya mengenai dengarkan, menyaksikan, dan rasakan kode mesin dan mengelola waktu turun-naik kaki Anda di pedal secara benar. Tetaplah latihan dan Anda akan menguasainya.

Sesudah di gigi dan pedal gas, Anda harus betul-betul melepas kaki Anda dari pedal kopling. Istirahatkan kaki Anda di pedal kopling ialah rutinitas jelek, karena memberi penekanan pada proses kopling — dan penekanan yang bertambah akan mengakibatkan kopling aus saat sebelum waktunya.

Perubahan ke gigi yang lebih rendah saat Anda melamban. Bila Anda jalan terlampau lamban untuk gigi sekarang ini, mobil Anda akan merinding seakan-akan akan stop. Untuk turunkan gigi saat bergerak, turuti proses yang serupa dengan tekan kopling dan melepas pedal gas, mengalihkan gigi (misalkan, dari ke-3 ke detik), dan melepas kopling sekalian tekan pedal gas.

Stop keseluruhan. Untuk stop secara teratasi seutuhnya, alihkan gigi ke bawah dengan bertahap sampai Anda capai gigi pertama. Saat datang waktunya untuk stop keseluruhan, gerakkan kaki kanan Anda dari pedal gas ke pedal rem dan pencet ke bawah sekitar yang dibutuhkan. Saat Anda melamban sampai sekitaran 10 mph (16 km/jam), mobil akan ada di tingkat gemetaran dan bergetar. Pencet pedal kopling seutuhnya ke bawah dan alihkan persneling ke status netral untuk menahan mobil berhenti. Pakai pedal rem untuk stop seutuhnya.

Rekomendasi   Urutan Perpindahan Cara Memindahkan Gigi Mobil Manual Dgn Benar

Anda dapat stop saat ada di gigi apa saja dengan tekan kopling seutuhnya dan memakai rem saat mengubah gigi ke netral. Ini cuma bisa dilaksanakan saat Anda harus stop secara cepat, karena hal tersebut membuat Anda kurang mengontrol kendaraan.

Latihan dan Menangani Permasalahan Cara Mengemudi Mobil

Latihan di lajur yang gampang dengan sopir manual yang eksper. Walau Anda bisa lewat cara legal latihan sendirian di jalan umum mana saja dengan SIM yang benar, Anda akan rasakan nuansa berkendara mobil manual bisa lebih cepat bila Anda didampingi oleh sopir eksper. Mulai di tempat yang datar dan terisolasi seperti tempat parkir mobil yang luas (dan kosong), lalu teruskan ke jalanan tepian kota yang tenang. Berkendaraan di circuit yang serupa berkali-kali sampai Anda mulai ingat beragam ketrampilan yang turut serta.

Jauhi stop dan memulai di bukit yang terjal sebelumnya. Saat Anda baru berkendara manual, targetkan jalur yang menghindar lampu jalan raya di pucuk bukit yang terjal. Penataan waktu dan koordinir Anda dalam menjalankan tongkat persneling, kopling, rem, dan akselerator harus cukup tajam supaya tidak tenggelam ke belakang saat Anda berpindah ke gigi satu.

Anda harus dapat secara cepat (tetapi lancar) gerakkan kaki kanan Anda dari melepas rem ke tekan pedal gas, sekalian melepas kopling. Anda bisa memakai rem parkir untuk batasi pergerakan mundur bila perlu, tapi selalu ingat untuk melepasnya saat Anda mulai bekerja maju.

Dalami proses parkir, khususnya di bukit-bukit. Tidak seperti automatis, mobil transmisi manual tidak mempunyai ” gigi. Tetapi, cukup dengan menempatkan mobil di status netral buka peluang mobil Anda dapat menggelinding dengan bebas, apa lagi bila diparkirkan di tanjakan atau turunan. Selalu pakai rem tangan, tapi tidak boleh memercayakannya sendiri untuk jaga mobil Anda masih tetap di tempatnya saat diparkirkan.

Bila Anda parkir menghadap naik, matikan mobil dalam status netral, lalu alihkan gigi ke gigi satu dan pakai rem parkir. Bila mengarah ke bawah, kerjakan hal sama tapi geser ke belakang. Ini akan menahan roda menggelinding ke kemiringan.

Pada tanjakan yang ekstrim, atau cuma untuk extra berhati-hati, Anda dapat tempatkan chocks (block miring) ada di belakang roda Anda untuk menahan gerakan.

Stop seutuhnya saat sebelum mengganti dari maju ke mundur (dan kebalikannya). Stop keseluruhan saat mengganti arah ialah langkah gampang untuk kurangi peluang Anda mengakibatkan kerusakan mahal pada gearbox Anda.

Benar-benar dianjurkan untuk stop keseluruhan saat sebelum beralih dari gigi mundur ke gigi satu. Tetapi, pada mayoritas transmisi manual bisa saja untuk beralih ke urutan kesatu atau ke-2 saat mobil bekerja mundur dengan kecepatan lamban, tapi ini tidak dianjurkan karena bisa mengakibatkan keausan terlalu berlebih pada kopling.

Di sejumlah mobil, gigi mundur mempunyai proses kuncian untuk menahan Anda memakainya secara tidak menyengaja. Saat sebelum memakai gigi mundur, yakinkan Anda ketahui proses kuncian ini dan langkah melepaskannya saat sebelum pilih mundur.